Jumat, 17 Juni 2011

Bunga Mawar dari Kain Flanel



Tutorial 2
. Kali ini kita coba membuat bunga mawar dari bahan kain flannel
Kita semua mengenal bunga yang cantik, elok, indah….dan apalagi ungkapan yang bisa kita tujukan pada bunga mawar yang sering juga orang menyebutnya bunga rose.
Bunga mawar memiliki lebih dari seratus jenis, yang berasal dari berbagai Negara, seperti dari Eropa, Timur Tengah, Tiongkok, Jepang dan Amerika.
Bunga mawar ,meiliki beragam bentuk yang cantik dan beragam jenis juga tergantung tempat dimana dia tumbuh. Diantaranya mawar jenis perdu, biasanya tumbuh dengan subur dengan bunga yang bergerombol.
Jenis lainnya memiliki daun yang besar, berbunga dengan kelopak banyak dan tebal. Ada juga jenis mawar yang memiliki kelopak bunga sedikit tapi tidak m,engurangi keindahannya karena ragam warnanya.
Keindahan bunga mawar menginspirasi kita untuk menduplikasinya. Supaya awet dan bisa lama menikmati keindahannya.

Kita siapkan kain flannel aneka warna (tergantung kemauan kita)
- 1lembar kain flannel ukuran 24x24 bisa untuk 2 buah bunga mawar,
- 1lembar kain flannel warna hijau untuk kelopak daun.
- Peniti bros

Alat yang kita gunakan
- benang dan jarum jahit (warna sesuai kain flannel)
- gunting

Kalau semua sudah lengkap, kita mulai.
- Pertama buat pola untuk putik, kelopak bunga kecil, kelopak bunga sedang, kelopah bunga besar dan kelopak daun. (boleh berbentuk bintang atau sesuka hati) lalu digunting.
- Gunting kain berdasarkan pola yang diletakkan di atas kain flannel.


Ambil bahan untuk putik dan dibentuk dengan cara dilinting dan dibentuk seperti putik. Kuatkan dengan cara dijahit. Kemudian kelopak yang kecil dipasang pada putik. Untuk selanjutnya pasangkan kelopak-kelopak dengan cara dijahit pas di tengah kelopak sebelumnya. Lakukan sampai kelopak habis.


Kalau sudah selesai dengan kelopak bunga, pasang kelopak daun dengan cara dijahitkan ke dasar bunga tepat di tengahnya. Dan untuk menguatkan, maka jahit dari tengah-tengah ke lekukan kelopak sampai habis. Selanjutnya jahitan diulang dengan cara menimpa tengah-tengah kelopak yang panjang/menonjol.

Selesai deh satu buah bunga. Lanjutkan ke bunga berikut.
Untuk membuat bros Mawar kita tinggal menjahitkan peniti bros di belakang bunga.,
Tapi kalau kita berminat untuk membuat rangkaian bunga pekerjaan kita belum selesai. Karena bunga-bunga yang sudah jadi harus dikasih tangkai.
Untuk langkah membuat rangkaian bunga kita lihat pada tutorial berikutnya.

Selamat mencoba……….

1 komentar:

  1. bunga diawali dengan putik warna merah bukan tujuan asli.....hehe
    tapi biar bentuk putik bisa aku liat jelas aja.

    BalasHapus