Sabtu, 25 Juni 2011

Pisang Mungil

Tutorial

Pagi ini saya terinspirasi oleh pedagang pisang di pasar. Sebetulnya yang saya cari adalah buah pisang untuk penganan, kolak! Karena anak saya menginginkan kolak pisang dan ubi. Si penjual menawarkan dagangannya berupa pisang jenis lain, yaitu berukuran kecil tapi konon katanya buah pisang itu menjadi buah istimewa kegemaran raja-raja. Pisang sereh. Memang bentuknya keci-kecil tapi rasanya beda banget, pulen dan manis.
Saya menyesal karena membelinya sedikit sekali. Mahal sih…..hehe
Tapi saya mau bikin duplikatnya ah………dulu saya pernah belajar dari gurmay (SF) bagaimana cara membuat buah pisang imajinasi dari kain flannel.
Kalau tidak salah begini langkahnya;

Bahan yang diperlukan berupa :
- 2 warna kain flannel ( kuning dan putih tulang/agak krem )
- Jarum dan benag jahit dengan warna sesuai dengan objek yang akan kita buat.
- Dakron.

Caranya:

Gambar pola berbentuk seperti gambar di bawah, kemudian jiplak di kain flannel masing-masing 3lembar. Gunting juga kain untuk batang pisang kira-kira sebesat 0,5cmx2cm 3lembar. Dan untuk menutup dasarnya berupa segitiga kecik deng pinggiran 0,5cm.

jahit kain berwarna putih tulang dengan cara menjahit satu bagian menempel pada bagian lain secara bergantian. Sisakan untuk memasukkan dakron

Setelah terisi dakron jahit sampai dakron tertutup. Sisihkan

Jahit kain berwarna kuning untuk kulit pisang dengan cara seperti menjahit buah tapi tidak sampai tertutup. Biarkan dasar kulit tidak dijahit untuk tempat menyambung dengan batang. Kalau sudah selesai sisihkan dulu.

Jahit batang pisang masing-masing hanya separuh, tutup dasarnya dengan kain segitiga kecil. Setelah selasai batang yang dijahit separuh diisi dakron

Kemudian tempelkan batang pada buah pisang seperti gambar di bawah.

Terakhir pasangkan kulit pisang dengan cara memasukkan batang pada dasar kulit.

Jadinya seperti ini……….pisang yang separuh terkupas.

Gampang kan…??? Selamat Mencoba!!!
By Trees ( thanks to SF )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar